Berdiri berlama lama dibawah terik matahari dalam posisi siap yang tidak boleh lirik kanan kiri dan juga tidak boleh ngobrol memang menjadi satu hal yang membuat upacara sangat dimusuhi oleh para siswa sekolah, ditambah lagi ketika harus mendengar amanat Pembina upacara yang sebagian siswa menganggap hanya itu itu saja yang diulang ulang oleh guru yang menajdi Pembina upacara.

Tentunya amanat pembina upacara bisa menuntun siswa kejalan benar dan memberikan motivasi yang sangat baik untuk siswa……… Seperti hal dengan tema “Menjadikan Siswa Siswi SMK BPM Untuk Meningkatkan,¬†Membangun Kedisiplinan dan Menanamkan Sifat yang Mulia Serta Berakhlak Mulia

Setiap orang pasti akan mecapai titik kebosan ketika hal tersebut dilakukan berulang kali, apalagi hal yang diulang itu seperti upacara, pastinya siswa merasa ada sesuatu yang menganjal di hati ketika akan mengikuti upacara bendera, berdiri di lapangan lagii, panas panasan lagii…

Pada dasarnya, upacara bendera mengajarkan berbagai nilai mulai dari nilai untuk selalu disiplin, tepat waktu, memiliki kemampuan mendengarkan, dan mengenang jasa para pahlawan. Selain itu, dengan adanya pembacaaan Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu nasional dapat membangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Jika kita melihat kilas balik sejarah upacara Bendera itu sudah dimulai pada tahun 1292 oleh tentara Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292). Sedangkan bendera Merah Putih berkibar untuk pertama kali dalam abad 20 sebagai lambang kemerdekaan di benua Eropa.

Tepatnya pada tahun 1922 Perhimpunan Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di negeri Belanda dengan kepala banteng ditengah-tengahnya. Tujuan perhimpunan Indonesia Merdeka semboyan itu juga digunakan untuk nama majalah yang diterbitkan.

Kemudian pada tanggal 28 Oktober 1928 berkibarlah untuk pertama kalinya bendera merah putih sebagai bandera kebangsaan yaitu dalam Kongres Indonesia Muda di Jakarta. Sejak itu berkibarlah bendera kebangsaan Merah Putih di seluruh kepulauan Indonesia. upacara bendera di Indonesia diperkenalkan pertama kali oleh Negara Jepang, ketika negara ini masih berkuasa di nusantara.

Di Indonesia, upacara bendera resmi pertama kali dilaksanakan ketika proklamasi kemerdekaan yakni pada tanggal 17 Agustus 1945, yang dipimpin oleh Ir.Soekarno yang kemudian menjadi presiden pertama di Indonesia.

 

Leave a Comment